Tips Aman Pakai Whatsapp Meskipun Ada Perubahan Kebijakan Privasi
Tips Aman Pakai Whatsapp Meskipun Ada Perubahan Kebijakan Privasi

Tips Aman Pakai Whatsapp Meskipun Ada Perubahan Kebijakan Privasi

Bagaimana tips aman pakai Whatsapp? Beberapa saat yang lalu Whatsapp melakukan perubahan kebijakan bagi penggunanya. Perubahan kebijakan terhadap privasi penggunanya ini membuat data pribadi pengguna Whatsapp akan terhubung dengan Facebook. Hal ini kemudian banyak orang mulai khawatir terhadap keamanan data pribadi ketika tersebar.

Seperti yang sudah diketahui, Facebook diduga sering mengalami masalah keamanan dimana data penggunanya bocor. Hal tersebut membuat informasi pribadi bisa diperjualbelikan dalam situs deepweb. Kejadian seperti ini membuat banyak orang mulai melirik aplikasi pesan singkat lain seperti Signal atau Telegram untuk menggantikan peran Whatsapp.

Namun, bagi Anda yang tidak ingin pindah aplikasi sebenarnya juga tidak masalah tetap menggunakan Whatsapp. Apalagi aplikasi ini sudah dipakai sejak lama dan fiturnya mudah dipahami. Lalu bagaimana supaya data pribadi tetap aman meskipun tidak pindah aplikasi? Berikut beberapa tips yang bisa Anda pakai.

Jangan Sebarkan Data Pribadi yang Bersifat Penting

Tips aman pakai Whatsapp yang pertama adalah jangan pernah membagikan informasi pribadi yang bersifat penting. Kebijakan baru dari Whatsapp memungkin data pribadi Anda akan diketahui lebih lanjut oleh pihak aplikasi. Akibatnya, data yang sebelumnya Anda anggap sangat penting bisa saja sudah diakses oleh Whatsapp.

Namun, untuk menghindari hal tersebut Anda bisa melakukan cara ini. Jangan pernah membagikan data pribadi yang sifatnya rahasia. Ada banyak data rahasia yang sangat penting seperti nomor rekening bank. Data-data seperti ini tidak boleh disebarkan di Whatsapp baik melalui fitur pesan gambar atau story.

Baca Juga  Inilah Tanda bila Akun WhatsApp anda Terkena Hack

Ditambah saat ini kebijakan tersebut mengintegrasikan data pribadi dengan Facebook secara langsung. Induk Whatsapp tersebut lebih mudah mengalami kebocoran informasi karena masih banyak celah. Meskipun ada penundaan pelaksanaan kebijakan, namun sebaiknya Anda menghindari hal seperti ini. Hindari membagikan data rahasia ke publik.

Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah pada Menu Setting

Salah satu tips aman pakai Whatsapp yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah pada menu setting. Langkah ini tentu saja dilakukan supaya Whatsapp lebih aman dari upaya peretasan. Tidak jarang pengguna merasa bahwa dirinya diintai dari Whatsapp karena bisa mengetahui posisinya.

Fungsi dari verifikasi 2 langkah adalah untuk memberikan perlindungan ganda pada aplikasi. Dengan adanya verifikasi 2 langkah, pengguna nantinya akan mendapatkan sebuah kode OTP. Selain itu, pengguna juga harus memasukan pin 6 digit saat menggunakan ponsel baru dengan akun yang sama.

Untuk cara aman pakai Whatsapp ini pengguna bisa mengaturnya di menu Setting. Kemudian cari menu Account dan mencari pilihan Two Step Authentication. Setelah itu, ikuti saja panduan tersebut hingga selesai. Jika sudah, maka Whatsapp Anda bisa dikatakan lebih aman dari upaya peretasan atau kebocoran informasi.

Mengaktifkan Kunci yang Ada pada Aplikasi

Tips aman pakai Whatsapp selanjutnya adalah dengan cara mengaktifkan kunci aplikasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, bisa menggunakan kunci aplikasi bawaan atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Namun, lebih baik menggunakannya secara bersamaan supaya keamanan data pribadi bisa lebih terjamin.

Jika menggunakan kunci aplikasi bawaan, Anda hanya perlu mengakutnya pada menu Setting. Nantinya pilih menu Account dan cari pilihan Privacy. Setelah itu pilih Screen Lock untuk mengaktifkan kunci aplikasi. Setidaknya dengan adanya fitur ini pengguna sudah cukup merasa aman dengan data pribadinya.

Baca Juga  Pindah Chat Whatsapp ke Telegram, Inilah yang Wajib diketahui

Selain itu, kunci aplikasi juga perlu dilakukan pada Whatsapp Web. Biasanya pengguna tidak hanya menggunakan Whatsapp pada ponsel saja, namun juga PC. Mengaktifkan kunci aplikasi ini nantinya Anda akan diminta sebuah otentifikasi Biometrik. Tujuannya adalah untuk verifikasi diri apakah pengguna benar pemilik akun atau tidak.

Melakukan Pengaturan Privasi pada Menu Setting

Tips terakhir adalah dengan cara melakukan pengaturan ulang pada privasi Anda. Pengaturan ini bisa dilakukan pada menu Setting dan pilih Account. Setelah itu pilih menu Privacy dan Anda bisa mengatur ulang tentang privasi yang diperlukan saat ini.

Misalnya mengatur ulang tentang last seen, pengaturan notifikasi pengiriman, hingga pengaturan lain. Tujuannya supaya informasi tentang Anda bisa lebih tertutup untuk orang luar. Dengan begitu, kebocoran informasi bisa lebih diminimalisir untuk menghindari kerugian di masa mendatang.

Whatsapp memang salah satu aplikasi pesan singkat paling populer di dunia. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi bawaan pada setiap ponsel. Untuk itu, tips aman pakai Whatsapp perlu dilakukan supaya menghindari hilangnya data pribadi akibat peretasan atau sejenisnya.

Dengan mengikuti tips aman pakai WhatsApp ini mungkin Anda tidak perlu terlalu pusing untuk memikirkan migrasi ke aplikasi chat lain seperti Signal atau Telegram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *