MacBook laptop terbaru
ilustrasi MacBook laptop terbaru

Inilah Pilihan Laptop MacBook Terbaik 2021

Chip M1 Apple di MacBook Air baru dan MacBook Pro 13 adalah peningkatan terbesar pada jajaran MacBook selama bertahun-tahun. Pada chip SoC, sistem ini memiliki fitur CPU delapan inti dan GPU tujuh atau delapan inti (tergantung model). Ini meningkatkan kekuatan dan kinerja laptop Apple dengan cara yang sangat luar biasa dan memberi mereka dorongan baterai yang besar untuk dijalankan.

Jika Anda sedang mencari MacBook baru, banyak hal yang harus Anda pertimbangkan. Apakah Anda akan memilih model M1 atau laptop dengan prosesor Intel? Dan jika anda memilih M1 MacBook, mana pilihan yang lebih baik? Inilah yang akan dijelaskan oleh artikel kami ini. Kami telah memeriksa semua laptop Apple MacBook saat ini untuk menemukan MacBook terbaik yang sesuai dengan keuangan Anda.

Opsi MacBook Anda

Ada tiga model Laptop MacBook utama yang saat ini tersedia dari Apple:

MacBook Air – Rp. 11.710.000
MacBook Pro 13 – Rp. 20.575.000
MacBook Pro 16 -Rp. 39.775.000

Setiap model memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mari kita lihat lebih detail.

MacBook Air pilihan yang tepat.

MacBook air
MacBook air/photo Digital Trends

Laptop MacBook Air  telah lama menjadi laptop yang digunakan jika Anda menginginkan perangkat portabel dan ringan. Ini berarti Anda harus mengorbankan kinerja untuk portabilitas, tetapi chip M1 mengubah semua itu secara masif.

Saat kami meninjau M1 MacBook Air, kami menemukan bahwa kinerjanya setara dengan MacBook Pro 13 (juga dilengkapi dengan M1). Di HandBrake, itu 12 detik di belakang Pro, sementara masih mencetak skor yang sangat cepat dengan sendirinya. Itu sedikit lambat di belakang Pro dalam benchmark Cinebench R23, tetapi mengalahkannya dalam tes Geekbench 5 – pada kenyataannya, skor single-core untuk MacBook Air adalah skor Geekbench 5 tertinggi kedua yang pernah kami lihat, di belakang hanya M1 Mac Mini.

Yang lebih mengesankan adalah MacBook Air melakukan semua ini tanpa kipas pendingin. Chip M1 sangat hemat energi sehingga Apple telah mengelola pendinginan udara pasif sepenuhnya, sambil tetap memungkinkannya untuk memposting beberapa angka kinerja yang sangat solid. Jika Anda ingin laptop Anda benar-benar sunyi, ini adalah hasil imbang yang besar. Semua efisiensi energi tambahan ini berarti udara bertahan selama 18,5 jam dalam pengujian pemutaran video kami dan 15,5 jam dengan penggunaan web ringan. Umur panjang ini luar biasa.

Di bagian lain, Anda mendapatkan desain Apple klasik dengan MacBook Air, termasuk bingkai aluminium solid dan kualitas rakitan kelas satu. Keyboard tersebut adalah Apple Magic Keyboard, yang  lebih baik dan handal dibandingkan Butterfly keyboard di model sebelumnya. Tanpa Touch Bar – sebagai alternatif, Anda bisa mendapatkan deretan penuh tombol fungsi dan tombol Touch ID di sebelah kanan untuk masuk dan mengonfirmasi pembelian.

ilustrasi Apple keyboard/digital trends
ilustrasi Apple Keyboard/digital trends

Sedangkan untuk layar Retina Air, Tingkat kecerahannya 400 nits (meskipun pengujian kami membuatnya sedikit lebih rendah, pada 389 nits). Ini memiliki peringkat yang kuat untuk akurasi warna dan kontras (masing-masing 1,39 dan 1130: 1, keduanya lebih baik daripada rata-rata). Hingga 100% seri sRGB dan 79% AdobeRGB – itu sedikit lebih tinggi dari kebanyakan laptop Windows, tetapi di bawah peringkat MacBook Pro. Jika Anda membutuhkan laptop bisnis yang peka warna, Anda harus mempertimbangkan Pro over the Air.

Terakhir, Anda mendapatkan penyimpanan 256GB di MacBook Air level awal seharga 16 jutaan. Ini dapat ditingkatkan ke 512GB , 1 TB  atau 2 TB . Anda dapat memilih dari 8 GB atau 16 GB memori, meskipun ini menggunakan Unified memory architecture (UMA), membuatnya lebih efisien daripada laptop standar dalam menggunakan RAM internal. Di hampir semua kasus penggunaan konsumen, memori UMA 8GB akan berlimpah.

Apakah Anda ingin memilih yang Pro?

Macbook Pro
ilustrasi Macbook Pro/digital trends

Peningkatan besar-besaran chip M1 ke MacBook Air menempatkan Laptop MacBook Pro di tempat yang tanggung. Perbedaan antara keduanya tidak terlalu jauh berbeda – dalam banyak hal, sangat tipis – tetapi masih ada beberapa contoh di mana Pro adalah pilihan yang lebih baik.

Anehnya, kinerja bukanlah salah satu dari area tersebut. Seperti yang kami sebutkan di bagian MacBook Air, kinerja Pro telah menguap berkat kedua laptop yang menggunakan chip yang sama. Ini terus maju di beberapa area selama pengujian, seperti pengujian multi-core di Cinebench R23, memegang keunggulan signifikan dari 7547 hingga 6680 di MacBook Air. Itu juga lebih cepat untuk mengekspor video di HandBrake. Dalam beberapa skenario, inti GPU level awal tambahan akan membantu Air dalam hal kinerja.

Jika kinerja bukan merupakan fitur nyata untuk MacBook Pro 13, maka layar Retina dan speakernya ya!.  Kecerahan layarnya di 500 nits, yang kami temukan memiliki kecerahan 485 nits dalam pengujian kami. Ini juga mengungguli Air dalam hal kontras (1470: 1) dan kompatibilitas dengan AdobeRGB (91%), membuatnya jauh lebih baik bagi pengguna kreatif. Speaker juga menyenangkan untuk didengarkan – jarang ditemukan di komputer laptop. Sementara orang-orang yang mengudara tidak buruk dengan cara apa pun, mereka tidak setingkat dengan pengaturan Audio Pro.

ilustrasi macbook pro side
ilustrasi macbook pro side

Berbeda dengan Air, Pro hadir dengan kipas angin. Meskipun tidak ada jaminan itu akan berjalan diam-diam, kami tidak pernah mendengarnya berputar hanya sekali selama peninjauan, bahkan ketika didorong hingga batasnya. Kemampuan chip M1 untuk tetap dingin di bawah tekanan juga berarti dapat memperpanjang umur baterai Pro secara signifikan, bahkan di luar baterai Air. Kami mencetak 21 jam pemutaran video dan 16 jam penjelajahan web ringan.

MacBook Pro juga dilengkapi dengan  Touch Bar, tombol “Escape” fisik, pemindai jari Touch ID yang ditenagai dengan chip keamanan Apple T2, port Thunderbolt 3 dan USB Type-C, serta layar Retina Display (13,3 inci) yang memiliki tingkat kecerahan 500 nits.

Bagaimana dengan MacBook Pro 16?

macbook pro 16
ilustrasi macbook pro 16

Pada 2019 MacBook Pro 16 dipasarkan Ia memiliki kecepatan yang tidak lambat, tetapi belum secepat M1 saat ini. Skor single-core 1193 di Geekbench 5 berada di belakang M1 MacBook Pro 1707, dan itu ada pada model Intel Core i9 MacBook Pro 16, yang harga dikisaran $ 2.799. Segalanya lebih dekat dalam tes multi-core, tetapi M1 Pro masih di atas dan harganya kurang dari setengah harga.

Seperti MacBook Pro 13, model 16 inci memiliki fitur layar Retina yang sangat baik dan akurat warna serta speaker yang mengesankan. Selain layar besar, yang menjadikannya mesin yang sangat baik untuk mengonsumsi konten. Faktanya, layar ekstra beberapa inci itu ideal jika Anda membutuhkan ruang layar ekstra tetapi itu adalah salah satu dari beberapa alasan mengapa Anda harus memilihnya daripada M1 MacBook.

Harga Laptop MacBook

MacBook Air – Rp. 11.710.000
MacBook Pro 13 – Rp. 20.575.000
MacBook Pro 16 -Rp. 39.775.000

MacBook mana yang harus Anda beli?

Mungkin terdengar aneh, tetapi saat ini, MacBook Air adalah MacBook terbaik bagi kebanyakan orang. Muncul dengan layar di atas rata-rata, operasi senyap, dan kinerja yang menghancurkan segalanya, semua dengan harga yang wajar. Bagi siapa pun yang ingin membeli MacBook sekarang, ia memiliki semuanya.

MacBook Pro 13 memiliki daya tarik khusus, terutama jika Anda memerlukan layar dengan warna yang sangat akurat. Itu tidak menawarkan kinerja yang cukup untuk membenarkan kenaikan harga di udara. Selain itu, rumor industri menunjukkan bahwa Apple secara bertahap akan meninggalkannya di akhir tahun dan menggantinya dengan MacBook Pro 14 inci dengan bezel yang lebih tipis dan lebih banyak ruang layar. Ini mungkin saat yang tepat untuk beralih ke MacBook Pro jika Anda merasa itu memenuhi kebutuhan Anda.

Sebaiknya hindari MacBook Pro 16 sama sekali sekarang. Harganya masih terlalu tinggi untuk kinerja yang dimilikinya. Tunggu hingga Apple tiba untuk memperbaruinya.

Sumber: Digital Trends

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *