ilustrasi Whatsapp hack
ilustrasi Whatsapp hack

Inilah Tanda bila Akun WhatsApp anda Terkena Hack

Akun WhatsApp Anda diretas orang adalah mimpi terburuk semua orang, belum lagi pelanggaran privasi yang serius. Artikel ini akan membahas bagaimana sebuah akun Whatsapp dapat diretas dan bagaimana memperbaikinya.

Ini berarti bahwa pihak ketiga sekarang memiliki akses tak terbatas ke obrolan pribadi, informasi, dan media Anda, dan dalam beberapa kasus juga dapat menyamar sebagai Anda dengan menghapus percakapan Anda, menanggapi percakapan Anda, dan melakukan kejahatan,  betapa berbahayanya situasi seperti itu.

Peretas dapat mengakses data WhatsApp Anda dengan berbagai cara, misalnya melalui WhatsApp di web atau mendaftarkan nomor Anda di perangkat lain.

Meskipun satu nomor WhatsApp tidak dapat berfungsi pada dua ponsel pada saat yang sama,  jika peretas Anda telah mendaftarkan nomor Anda di perangkat lain, mereka dapat dengan mudah mendapatkan akses ke semua percakapan Anda termasuk percakapan pribadi.

Peretas juga dapat dengan cepat memindai kode QR WhatsApp dan mengakses percakapan WhatsApp Anda dari mana saja di dunia.

Bagaimanapun peretas memerlukan akses fisik ke ponsel Anda.

Berikut adalah cara yang digunakan peretas untuk masuk ke WhatsApp Anda tanpa sepengetahuan Anda.

Akses ke file backup perangkat handphone Anda

Ini terjadi meskipun Anda telah mengunci WhatsApp menggunakan AppLock. Namun, perlu dicatat bahwa peretasan ini hanya memengaruhi perangkat yang tidak memiliki WhatsApp yang baru saja diperbarui.

Saat peretas mengakses perangkat Anda, dalam beberapa menit mereka akan dapat membaca obrolan WhatsApp atau menghapusnya dari perangkat lain.

Baca Juga  Cara Menghilangkan malware di HP Android - 5 Langkah Ponsel Android Bebas Virus

Setelah mendapatkan file cadangan Anda dengan pengelola file, mereka dapat mengirimkannya melalui bluetooth ke perangkat lain.

Mereka dapat menggunakan aplikasi cadangan otomatis seperti teks cadangan WhatsApp dan mengirim email ke semua percakapan WhatsApp Anda dalam teks biasa dengan menginstal aplikasi ini di perangkat Anda dan ketika ini selesai, mereka menghapusnya.

Hanya dengan menggunakan ini, mereka akan dapat mengakses semua percakapan Anda bahkan ketika WhatsApp ditutup.

Melalui jaringan Wi-Fi dengan WhatsApp Sniffer

Dimungkinkan juga WhatsApp Anda diretas dengan WhatsApp sniffer melalui wifi. Karena setiap perangkat memiliki alamat mac yang unik, jika peretas dapat meniru alamat mac Anda, mereka akan dapat melihat semua aktivitas WhatsApp.

Penggunaan spyware pihak ketiga

Ada program pihak ketiga yang mengklaim dapat meretas WhatsApp seperti Spyzie.

Aplikasi seperti Spyzie dibayar dan sering kali meminta penyusup untuk memasang perangkat lunak kecil di perangkat Anda, yang akan mentransfernya ke obrolan WhatsApp Anda.

Jadi, untuk melihat apakah web WhatsApp Anda aktif di perangkat lain yang tidak dikenal, buka tiga titik yang ditampilkan di sudut kanan atas layar WhatsApp.

Buka WhatsApp Web dan periksa daftar semua sesi terbuka. Ini akan memungkinkan Anda untuk melihat semua perangkat yang terhubung ke WhatsApp Anda.

Jika Anda melihat pesan “Ponsel ini tidak dapat diverifikasi”, itu berarti WhatsApp Anda juga diakses dari perangkat yang tidak dikenal.

Kiat untuk mencegah peretasan WhatsApp:

  • Keluar dari semua komputer yang Anda lihat dalam daftar di bawah WhatsApp Web. Ini akan mencegah peretas membaca lebih lanjut obrolan Anda. Namun, ini harus dilakukan setiap kali Anda menggunakan WhatsApp di web.
  • Jangan pernah meninggalkan ponsel Anda tanpa pengawasan saat Anda berada di luar.
  • Kunci semua aplikasi Anda untuk mencegah orang yang tidak dikenal mengakses aplikasi Anda.
  • Jangan hubungkan ponsel Anda ke koneksi WiFi yang tidak dikenal karena peretas juga dapat menggunakan alamat MAC unik untuk mengakses semua percakapan WhatsApp Anda.
  • Jika WhatsApp Anda telah diretas, nonaktifkan akun Anda dengan mengirim email ke support@whatsapp.com. Akun Anda akan dihapus secara otomatis jika tidak diakses selama 30 hari.
  • Aktifkan verifikasi 2 langkah di bawah pengaturan akun WhatsApp. Ini akan menambah lapisan keamanan ekstra ke aplikasi.
  • Kunci WhatsApp. Sangat penting bahwa Anda memiliki AppLock yang akan membantu Anda mengunci WhatsApp Anda. Meskipun WhatsApp tidak menawarkan aplikasi ini sendiri, Anda dapat mengunduhnya dan aplikasi tersebut memudahkan penggunaan WhatsApp Anda dengan kata sandi atau PIN.
  • Ini akan membantu Anda mencegah siapa pun yang mengakses ponsel Anda untuk mengakses akun WhatsApp Anda karena akan meminta kata sandi untuk membukanya.
Baca Juga  Pindah Chat Whatsapp ke Telegram, Inilah yang Wajib diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *