ilustrasi cara menghilangkan malware di hp android
ilustrasi malware-virus hand phone android

Cara Menghilangkan malware di HP Android – 5 Langkah Ponsel Android Bebas Virus

Sama halnya seperti komputer Anda, ponsel Android dapat menjadi korban malware. Ini memperlambat sistem ponsel Anda dan menciptakan gangguan yang membuat anda sulit menggunakan telepon Anda. Anda harus segera menghentikannya untuk melindungi ponsel dan diri Anda sendiri. Baik disebabkan karena Anda pernah mengunduh aplikasi yang terinfeksi atau mengunjungi situs web yang rusak, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghapus perangkat lunak jahat dan melindungi ponsel Anda di masa mendatang.

Langkah pertama adalah menemukan malware di ponsel Anda. Kami akan memandu Anda tentang cara melakukannya, lalu memberi Anda beberapa pilihan untuk aplikasi keamanan dan antivirus yang dapat Anda gunakan untuk memulihkan kesehatan ponsel Anda dan menjaganya tetap aman di masa mendatang.

Langkah 1: Tutup sampai Anda menemukan detailnya

Setelah Anda memastikan bahwa ponsel Anda telah diserang oleh malware, tekan dan tahan tombol Daya dan matikan ponsel sepenuhnya. Ini mungkin tidak mencegah malware menyebabkan kerusakan, tetapi dapat mencegah masalah menjadi lebih buruk, dan itu mungkin menghentikan upaya terus-menerus malware untuk mengakses perangkat di jaringan terdekat.

Pemadaman juga memberi Anda waktu untuk berpikir dan meneliti. Apakah Anda tahu aplikasi terinfeksi tertentu yang membawa malware ke perangkat Anda? Apakah Anda tahu jenis perangkat lunak lain yang dapat diunduh tanpa persetujuan Anda? Jika tidak, buka komputer lain dan cari gejalanya (serta aplikasi baru yang saya coba) untuk mempersempit masalah. Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi di akar masalahnya, Anda tidak dapat menghapusnya.

Baca Juga  Inilah Tanda bila Akun WhatsApp anda Terkena Hack

Jika pencarian Anda tidak menunjukkan apa-apa, Anda mungkin ingin me start ulang ponsel Anda dan melompat ke langkah lima. Aplikasi anti-malware dapat membantu menentukan penyebab masalah Anda dan bahkan mungkin dapat menghapus perangkat lunak yang terinfeksi untuk Anda. Namun, ini juga memerlukan pemulihan akses internet ponsel lagi, yang membawa beberapa risiko.

Langkah 2: Masuk ke mode Aman / Darurat saat Anda bekerja

Saat Anda memulai ulang perangkat dan terlibat dalam isolasi aplikasi yang bermasalah, masuk ke mode aman terlebih dahulu. Ini akan membantu membatasi kerusakan yang dapat dilakukan oleh aplikasi yang terinfeksi.

Untuk sebagian besar perangkat Android, Anda dapat beralih ke mode aman dengan menahan tombol daya selama beberapa detik saat perangkat aktif, lalu mengklik dan menahan opsi Matikan. Ini akan menunjukkan kepada Anda beberapa opsi daya, termasuk opsi untuk Mulai Ulang ke Mode Aman. Pilih mode ini dan tunggu ponsel Anda restart sebelum melanjutkan. Jika Anda tidak dapat menemukan Safe Mode, aktifkan Airplane Mode, untuk memutuskan sambungan perangkat Anda dari jaringan mana pun. Anda biasanya dapat menemukan opsi ini di atas Pusat Pemberitahuan.

Catatan: Meskipun Anda telah mengunduh aplikasi keamanan, Anda tidak dapat mengetahui apa yang menyebabkan masalah perangkat lunak perusak Anda, ini belum waktunya untuk memperbaikinya. Cari bantuan dari seorang profesional dan jika Anda harus menghapus ponsel Anda. Ini adalah strategi yang baik jika program ransomware yang semakin populer mengambil alih ponsel Anda dan memblokir tindakan Anda.

Langkah 3: Buka Pengaturan dan cari aplikasi

Kunjungi pengaturan di perangkat Android Anda. Pengaturan biasanya memiliki ikon roda gigi, tetapi ini tergantung pada tema dan pengaturan: cari jika Anda kesulitan menemukan tempat yang tepat.

Baca Juga  Inilah Tanda bila Akun WhatsApp anda Terkena Hack

Dalam Pengaturan, gulir hingga Anda melihat bagian bernama Aplikasi, dan masukkan. Temukan daftar semua aplikasi Anda saat ini – Anda mungkin perlu memilih Manajer Aplikasi untuk menemukan daftar lengkapnya. Sesampai di sana, gulir hingga Anda menemukan aplikasi yang terinfeksi di tengah masalah Anda.

Pilih aplikasi, ini akan memunculkan opsi untuk mencopot pemasangan, menutup paksa, atau menghentikan paksa (seringkali Anda tidak dapat mencopot pemasangan aplikasi dasar, cukup nonaktifkan saja, tetapi tidak mungkin aplikasi tersebut menjadi masalah)

Langkah 4: Hapus aplikasi yang terinfeksi dan apa pun yang mencurigakan

Cukup pilih Uninstall, dan perangkat Android Anda harus menghapus aplikasi yang bersangkutan. Ada baiknya juga untuk meninjau daftar aplikasi dan menghapus unduhan mencurigakan lainnya – jika Anda belum pernah melihat daftar ini sebelumnya, Anda mungkin akan terkejut dengan beberapa hal aneh di perangkat Anda.

Catatan: Dalam beberapa kasus, Anda tidak dapat menghapus instalan aplikasi yang bermasalah. Faktanya, opsi untuk menghapus mungkin tidak ada. Sebaliknya, Anda akan melihat “dinonaktifkan” di menu, dan hanya itu. Aplikasi dengan kecerdasan luar biasa (dan malware atau ransomware berbahaya) dapat membahayakan pengaturan administrator. Aplikasi mungkin telah memberikan pengaturan administratif sendiri, melindungi dirinya dari penghapusan.

Untungnya, ini sering kali merupakan masalah yang relatif mudah yang dapat Anda selesaikan sendiri. Yang harus Anda lakukan adalah kembali ke menu pengaturan asli dan gulir ke bawah ke Layar Kunci dan Keamanan (atau bagian serupa). Saat Anda masuk ke menu keamanan, cari tab yang bertuliskan “Administrator telepon (perangkat)”. Perlu diingat bahwa Anda mungkin perlu mengunjungi “Pengaturan Keamanan Lainnya” terlebih dahulu, bergantung pada hierarki daftar keamanan. Di administrator telepon, Anda harus dapat melacak pengaturan yang mengaktifkan malware

Baca Juga  Inilah Tanda bila Akun WhatsApp anda Terkena Hack

Langkah 5: Unduh beberapa perangkat lunak anti-malware

Merupakan ide cerdas untuk memberikan banyak perlindungan keamanan dan malware untuk setiap perangkat Android, dan sangat penting untuk menginstal program antivirus jika Anda beruntung menggunakan aplikasi yang sebelumnya dipertanyakan. Setelah secara manual menghapus aplikasi yang bermasalah, Anda perlu meningkatkan keamanan ponsel Anda secara keseluruhan.
Untungnya, ada beberapa opsi untuk aplikasi yang dapat membantu Anda dalam hal ini. Lebih baik menggunakan satu aplikasi keamanan dengan banyak kemampuan daripada beberapa aplikasi berbeda yang masing-masing hanya dapat menjalankan satu atau dua fungsi. Saat memutuskan aplikasi keamanan, aplikasi terbaik harus memindai virus, menghapus file yang tidak diinginkan, dan melindungi informasi Anda. Beberapa dapat menghapus program yang mereka tunjukkan mungkin terinfeksi. Pilihan utama kami untuk aplikasi semacam itu termasuk Avast Antivirus, atau AVG Antivirus dari Google Play Store. Anda juga dapat melihat rekomendasi keamanan dan antivirus tambahan kami untuk Android. Setelah Anda memasang perlindungan malware yang cukup, Anda mungkin akan menyadari bahwa perangkat Anda berjalan lebih cepat dan lebih mudah.

Kami juga menyarankan agar perangkat lunak Anda selalu diperbarui. Ingatlah untuk secara teratur memeriksa dan menginstal perangkat lunak terbaru yang tersedia untuk perangkat Android Anda untuk mendapatkan hasil tertinggi. Jika Anda gagal menghadiri pembaruan rutin, itu akan menjadi salah satu batu sandungan terbesar yang akan dibuatnya dan memainkan peran penting dalam membiarkan ponsel Android terbuka untuk diserang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *