telegram
ilustrasi aplikasi telegram

Apa Itu Telegram dan Haruskah Saya Menggunakannya?

Telegram mungkin salah satu cross platform messenger paling populer di dunia, namun masih banyak yang tidak tahu tentang apa itu Telegram. Nama aplikasi sering kali dicoret dalam diskusi tentang privasi dan keamanan online, tetapi bukankah semua aplikasi perpesanan aman? Bukankah aplikasi yang lebih populer seperti WhatsApp dan Facebook Messenger (meskipun ditautkan ke Facebook) juga memiliki enkripsi “end-to-end” yang legendaris? Apa yang membuat Telegram begitu istimewa?

Teruslah membaca untuk mengetahui apa yang dilakukan Telegram, apa fitur utamanya, dan mengapa Anda mungkin mempertimbangkan untuk menggunakannya. Anda juga dapat mengunduh aplikasinya langsung di tautan di bawah ini.

Apa itu Telegram?

Telegram adalah layanan messenger multi-platform yang didirikan oleh pengusaha Rusia Pavel Durov. Ini pertama kali diperkenalkan ke iOS dan Android pada akhir 2013, dan sekarang diperkirakan memiliki 500 juta pengguna bulanan. Basis pengguna Telegram cenderung meningkat ketika salah satu pesaing terbesarnya merubah kebijakan privasi.

Yang membuat Telegram unik adalah fokusnya pada privasi, enkripsi, dan API terbuka. Ada banyak sekali klien tidak resmi yang bekerja dengan aplikasi Telegram resmi dan antarmuka web. Ini juga memungkinkan beberapa perangkat untuk menggunakan akun yang sama (diverifikasi melalui SMS), dan beberapa akun di perangkat yang sama.

Bagaimana cara kerja Telegram?

Fungsi dasar Telegram sama seperti kebanyakan aplikasi messenger lainnya, Anda dapat mengirim pesan kepada pengguna Telegram lainnya, membuat obrolan di grup, menelepon kontak, mengirim file dan stiker. Namun, ada beberapa fitur khusus yang membuatnya memiliki fungsi yang berbeda dari aplikasi chat lainnya.

Baca Juga  Deretan Aplikasi Terbaik 2020 Google Play, Ini Daftarnya

Pertama-tama, fitur utama Telegram adalah privasi, dan untuk memastikan bahwa Telegram menggunakan enkripsi end to end. Inilah yang mencegah orang-orang di luar percakapan dua arah – apakah itu perusahaan, pemerintah, peretas, atau siapa pun – untuk melihat apa yang dikirim.

Namun, Telegram hanya menggunakan enkripsi ini untuk panggilan dan fitur “Percakapan Rahasia”, bukan dalam obrolan biasa. Ini hanya klien server terenkripsi. Sementara itu, WhatsApp, layanan paling tidak aman, telah menggunakan enkripsi ujung ke ujung untuk pesan, panggilan, dan panggilan video sejak 2016.

“Telegram adalah tentang privasi dan keamanan, dan itu tidak berkaitan kepada perusahaan besar seperti Facebook.”

Alasannya adalah penggunaan Telegram yang dioptimalkan untuk cloud. Pada dasarnya,Telegram menyimpan semua pesan dan foto Anda di server yang aman. Ini berarti Anda dapat mengaksesnya dari perangkat apa pun yang terhubung, yang membuat Telegram jauh lebih intuitif untuk berinteraksi dengan banyak platform daripada aplikasi obrolan lain seperti WhatsApp.

Fitur keamanan lainnya adalah nama pengguna. Daripada memberikan nomor telepon Anda kepada orang lain, Anda cukup memberi mereka nama pengguna Anda. Ini memberi Anda kendali yang lebih baik atas informasi apa yang ditemukan dan bagaimana orang dapat menghubungi Anda di masa mendatang.

Apakah Telegram aman digunakan?

Secara umum, Telegram aman atau lebih aman daripada kebanyakan aplikasi chat lainnya. Bisa dibilang, enkripsi ujung-ke-ujung untuk WhatsApp pada semua pesan adalah pendekatan yang lebih baik, tetapi hubungannya dengan Facebook merubah tingkat privasinya.

Plus, jika Anda menggunakan fitur “Obrolan Rahasia”, Anda mendapatkan tingkat enkripsi ujung-ke-ujung yang sama. Selain itu, pengguna tidak dapat meneruskan atau meneruskan pesan tangkapan layar di Obrolan Rahasia, dan pesan tersebut dapat diprogram untuk dihancurkan sendiri. Menghapus pesan juga akan menghapusnya untuk semua orang di layanan, dan pengguna memiliki opsi untuk menghapus tidak hanya pesan pribadi mereka, tetapi juga pengguna lain.

Baca Juga  Inilah Tanda bila Akun WhatsApp anda Terkena Hack

Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa menjual data Anda bukanlah inti dari model bisnis Telegram. Menurut halaman FAQ Telegram, perusahaan tersebut didanai oleh pendiri dan CEO Pavel Durov, bukan melalui iklan atau pengumpulan dan berbagi data. Di halaman yang sama, Telegram juga mencantumkan salah satu prinsip privasi Internetnya sebagai “melindungi data pribadi Anda dari pihak ketiga, seperti pemasar, pengiklan, dll.” Hal ini sangat kontras dengan berbagai layanan dari Facebook, Google, Amazon, dan lainnya.

Pada akhirnya, menggunakan Telegram tidak berarti pesan Anda lebih pribadi dan aman daripada menggunakan WhatsApp atau aplikasi perpesanan lainnya. Kebocoran data sisi server masih dapat terjadi, dan tidak ada jumlah enkripsi yang akan membantu jika mesin akhir Anda sudah disusupi.

Apakah Telegram gratis?

Telegram gratis untuk digunakan dan didukung oleh pendiri dan CEO Pavel Durov. Perusahaan akan mulai menggunakan cara baru untuk menghasilkan uang pada tahun 2021, tetapi bisnis inti obrolan masih akan gratis untuk semua orang.

Metode monetisasi baru ini mencakup iklan di saluran publik individu (yang berfungsi seperti umpan Twitter), fitur premium untuk tim dan pengguna super, dan paket poster berbayar. Sebagian dari uang itu akan dikembalikan kepada pengguna dalam bentuk peningkatan visibilitas saluran atau pembayaran kepada pembuat paket poster unik.

Bisakah Telegram digunakan di PC?

Karena Telegram menyimpan obrolan dan file Anda di server jarak jauh alih-alih perangkat Anda, Anda juga dapat mengakses semuanya (kecuali untuk percakapan rahasia) dari web. Akses melalui portal web atau salah satu dari beberapa ekstensi Chrome.

Perusahaan juga membuat API-nya tersedia untuk umum secara gratis dan mengundang pengembang untuk membuat klien di platform lain. Pengguna juga dapat membuat robot kustom, tema, stiker, dan lainnya secara gratis.

Baca Juga  Inilah 4 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Modal dengan Mudah

Haruskah saya menggunakan Telegram?

‘Privasi’ sendiri bukanlah fitur produk yang sangat menarik dalam layanan online. Ini bisa menjadi misterius: Kami tidak selalu dapat merasakan atau memahaminya, dan terkadang hanya ketika privasi dilucuti kami menanggapinya dengan serius.

Jika Anda adalah orang yang sangat pribadi dan terganggu oleh laporan berita tentang keamanan online dan pelanggaran privasi, Anda pasti harus mempertimbangkan untuk menggunakan Telegram dengan Obrolan Rahasia diaktifkan. Anda akan memiliki pengalaman yang hampir sama dengan aplikasi perpesanan paling populer, dengan lebih tenang.

Ini jauh dari mengatakan bahwa Telegram akan melindungi Anda dari semua masalah privasi yang ditawarkan dunia online – Anda harus memeriksa Panduan Privasi kami untuk Android untuk melihat lebih luas bahwa Telegram hanya menawarkan perpaduan yang baik antara popularitas dan keamanan bagi mereka yang memiliki kekhawatiran tentang aplikasi messenger lain.

Anda dapat mengunduh aplikasi Telegram secara gratis dari Google Play Store. cobalah dengan teman jika Anda tertarik. Cara terbaik untuk menentukan apakah itu tepat untuk Anda adalah dengan mencobanya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *